Upaya Komunikasi Publik Pemerintah Kota Cilegon dalam Mengedukasi Masyarakat Di Masa Pandemi COVID-19

Annisarizki annisa Annisarizki, Sigit Surahman

Abstract


Komunikasi publik yang dilakukan Pemerintah Kota Cilegon diharapkan dapat memberikan pemahaman dan melindungi masyarakat Cilegon dari wabah virus corona yang telah membuat Kota Cilegon dua kali masuk status zona merah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus yang berfokus pada komunikasi publik pemerintah Kota Cilegon dalam mengedukasi masyarakat pada masa pandemi COVID-19. Penelitian ini berusaha untuk menemukan strategi komunikasi publik pemerintah Kota Cilegon selama masa pandemi COVID-19, dengan melihat bagaimana permasalahan komunikasi publik yang dilakukan Walikota Cilegon selaku pengambil kebijakan dan komunikator di daerah. Hasil penelitian ini, pemerintah Kota Cilegon melakukan komunikasi publik dengan: mengeluarkan peraturan walikota tentang pencegahan COVID-19, selain itu pemerintah Kota Cilegon melakukan sosialisasi tentang disiplin hidup sehat kepada masyarakat, dan mengubah kebiasaan masyarakat untuk tetap memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Adapun rekomendasi untuk Pemerintah Kota Cilegon agar melakukan komunikasi publik lebih masif lagi dengan memanfaatkan berbagai media dalam memaksimalkan jargon “Aje Kendor”.


Keywords


Komunikasi Publik, Humas Pemerintah, Pandemik, Edukasi, COVID-19

Full Text:

PDF

References


Annisarizki, Mardiana, S., & Putri, L. D. (2021). Corporate Communications in a Manufacture Company for Handling COVID-19 Cases : Health First. 560(Acbleti 2020), 103–107.

Basrowi. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. PT. Rineka Cipta.

CNNIndonesia. (2020). satgas-covid-cilegon-respons- status-baru-zona-merah-corona. Www.Cnnindonesia.Com, 549580. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200922182355-20-549580

Creswell, J. W. (2016). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Pustaka Pelajar.

Cutlip, S. M. (2005). Effective Public Relations edisi 9. Kencana Media prenada.

Dhani, R. & Sonia, D. (2021). Meningkatkan Kepercayaan Publik dan Reputasi Dewan Perwakilan Rakyat Melalui Program Parlemen Remaja. Jurnal Ilmu Komunikasi, 19(3), 365-380.

Detik.com. (21 C.E.). cilegon-umumkan-kasus-pertama-positif-corona. News.Detik.Com, 4995568.

Fadhlan, S. (2021). Komunikasi dan Informasi di masa pandemi COVID-19. Jurnal Media Komunikasi, 4(1).

Hasrul, M. (2020). Aspek Hukum Pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Dalam Rangka Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19. Jurnal Legislatif, 19(2), 385–398.

Kabarbanten.pikiran-rakyat.com. (2021). dampak-COVID-19- pemkot-cilegon-evaluasi-pemulihan-ekonomi. Kabarbanten.Pikiran-Rakyat.Com, 59984747. https://kabarbanten.pikiran-rakyat.com/seputar-banten/pr-59984747

Kominfo. (2021). sinergi-pengelolaan-komunikasi- publik/0/berita_satker). Kominfo.Go.Id, 6107.

Lattimore, D. (2010). Public Relations Profesi dan Praktik, Edisi 3. Sage Publications.

Lee, M. (2008). “Public Relations in Public Administration.” CRC Press.

Mariyam, S. (2017). Mewujudkan Good governance melalui pelayanan public. JIPSI- Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi UNIKOM,. Jurnal Lmu Politik UNIKOM, 7(1), 5–19.

Moleong, L. J. (2013). Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. PT. Remaja Rosdakarya.

Muhammad, A. (2008). Komunikasi Organisasi. Bumi Aksara.

Nuzuli, A.K. (2022). Peran Komunikasi Keluarga dalam Mitigasi Covid-19 pada Lansia. Jurnal Ilmu Komunikasi, 20(1), 61-69.

Prasetya, A., & Hidayat, D. (2020). Pengalaman pekerja informal ditengah pandemi COVID-19 Di Kota Bandung. Jurnal Komunikasi, Masyarakat Dan Kemananan, 2(2).

Putra, I. G. N. (2018). Manajemen Hubungan Masyarakat. Universitas Atmajaya Yogyakarta.

Rachmat Kriyantono. (2008). Public Relations Writing. Kencana Media Prenada.

Rachmat Kriyantono. (2020). Komunikasi Publik di Era Industri 4.0. Kencana Media Prenada.

Ramadani, T. (2019). Pengelolaan Komunikasi Publik. Jurnal Good Governance, 15(1), 1–13.

Republika.co.id. (2021). kadinkes-pastikan-tidak-ada-kasus-corona-di-cilegon. Republika.Co.Id, 5cabc366.

Surahman, S. (2022). Communication Network in Narrow Land Agricultural Modernization. Proceedings of the First International Conference on Literature Innovation in Chinese Language, LIONG 2021. https://doi.org/10.4108/eai.19-10-2021.2316733

Susanto, E. H. (2010). Kelambanan Reformasi Birokrasi dan Pola Komunikasi Lembaga Pemerintah. JJurnal Komunikasi ASPIKOM, 1(1), 109–123.

Syafiie, I. K. (2011). Manajemen Pemerintahan. Pustaka Reka Cipta.

Tittiknol.co.id. (2021). peristiwa/kota-cilegon-2-kali-masuk-zona-merah-pemprov-tegur-kegiatan-cfd- agar-ditutup. Titiknol.Co.Id, 2. https://titiknol.co.id/peristiwa/kota-cilegon-2-kali-masuk-zona-merah-pemprov-tegur-kegiatan-cfd- agar-ditutup/

Tubb, S. L, dan Moss, S. (2006). Human Communication. Remaja RosdaKarya.

Widiastuti, N. (2020). Transformasi Humas di Era Digital. Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

Zonabanten.pikiran-rakyat.com. (2021). kena-dampak-corona-karyawan- di-dua-perusahaan-di-kabupaten-Cilegon-dirumahkan. Zonabanten.Pikiran-Rakyat.Com, 23361780. https://zonabanten.pikiran-rakyat.com/banten/pr-23361780/




DOI: https://doi.org/10.31315/jik.v20i2.4344

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmu Komunikasi




 Jurnal Ilmu Komunikasi indexed by:

   


Copyright of Jurnal Ilmu Komunikasi ISSN 1693-3028 (print), ISSN 2407-8220 (online)

Alamat:

Kampus II UPN "Veteran" Yogyakarta, Jl. Babarsari 2, Tambakbayan, Yogyakarta 55281
Phone: (0274)485268

Fax: (0274)487147

Email: jik@upnyk.ac.id 

Web
Analytics View My Stats

slot gacor slot