Upaya Komunikasi Publik Pemerintah Kota Cilegon dalam Mengedukasi Masyarakat Di Masa Pandemi COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.31315/jik.v20i2.4344Keywords:
Komunikasi Publik, Humas Pemerintah, Pandemik, Edukasi, COVID-19Abstract
Komunikasi publik yang dilakukan Pemerintah Kota Cilegon diharapkan dapat memberikan pemahaman dan melindungi masyarakat Cilegon dari wabah virus corona yang telah membuat Kota Cilegon dua kali masuk status zona merah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus yang berfokus pada komunikasi publik pemerintah Kota Cilegon dalam mengedukasi masyarakat pada masa pandemi COVID-19. Penelitian ini berusaha untuk menemukan strategi komunikasi publik pemerintah Kota Cilegon selama masa pandemi COVID-19, dengan melihat bagaimana permasalahan komunikasi publik yang dilakukan Walikota Cilegon selaku pengambil kebijakan dan komunikator di daerah. Hasil penelitian ini, pemerintah Kota Cilegon melakukan komunikasi publik dengan: mengeluarkan peraturan walikota tentang pencegahan COVID-19, selain itu pemerintah Kota Cilegon melakukan sosialisasi tentang disiplin hidup sehat kepada masyarakat, dan mengubah kebiasaan masyarakat untuk tetap memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Adapun rekomendasi untuk Pemerintah Kota Cilegon agar melakukan komunikasi publik lebih masif lagi dengan memanfaatkan berbagai media dalam memaksimalkan jargon “Aje Kendor”.
References
Annisarizki, Mardiana, S., & Putri, L. D. (2021). Corporate Communications in a Manufacture Company for Handling COVID-19 Cases : Health First. 560(Acbleti 2020), 103–107.
Basrowi. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. PT. Rineka Cipta.
CNNIndonesia. (2020). satgas-covid-cilegon-respons- status-baru-zona-merah-corona. Www.Cnnindonesia.Com, 549580. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200922182355-20-549580
Creswell, J. W. (2016). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Pustaka Pelajar.
Cutlip, S. M. (2005). Effective Public Relations edisi 9. Kencana Media prenada.
Dhani, R. & Sonia, D. (2021). Meningkatkan Kepercayaan Publik dan Reputasi Dewan Perwakilan Rakyat Melalui Program Parlemen Remaja. Jurnal Ilmu Komunikasi, 19(3), 365-380.
Detik.com. (21 C.E.). cilegon-umumkan-kasus-pertama-positif-corona. News.Detik.Com, 4995568.
Fadhlan, S. (2021). Komunikasi dan Informasi di masa pandemi COVID-19. Jurnal Media Komunikasi, 4(1).
Hasrul, M. (2020). Aspek Hukum Pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Dalam Rangka Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19. Jurnal Legislatif, 19(2), 385–398.
Kabarbanten.pikiran-rakyat.com. (2021). dampak-COVID-19- pemkot-cilegon-evaluasi-pemulihan-ekonomi. Kabarbanten.Pikiran-Rakyat.Com, 59984747. https://kabarbanten.pikiran-rakyat.com/seputar-banten/pr-59984747
Kominfo. (2021). sinergi-pengelolaan-komunikasi- publik/0/berita_satker). Kominfo.Go.Id, 6107.
Lattimore, D. (2010). Public Relations Profesi dan Praktik, Edisi 3. Sage Publications.
Lee, M. (2008). “Public Relations in Public Administration.” CRC Press.
Mariyam, S. (2017). Mewujudkan Good governance melalui pelayanan public. JIPSI- Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi UNIKOM,. Jurnal Lmu Politik UNIKOM, 7(1), 5–19.
Moleong, L. J. (2013). Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. PT. Remaja Rosdakarya.
Muhammad, A. (2008). Komunikasi Organisasi. Bumi Aksara.
Nuzuli, A.K. (2022). Peran Komunikasi Keluarga dalam Mitigasi Covid-19 pada Lansia. Jurnal Ilmu Komunikasi, 20(1), 61-69.
Prasetya, A., & Hidayat, D. (2020). Pengalaman pekerja informal ditengah pandemi COVID-19 Di Kota Bandung. Jurnal Komunikasi, Masyarakat Dan Kemananan, 2(2).
Putra, I. G. N. (2018). Manajemen Hubungan Masyarakat. Universitas Atmajaya Yogyakarta.
Rachmat Kriyantono. (2008). Public Relations Writing. Kencana Media Prenada.
Rachmat Kriyantono. (2020). Komunikasi Publik di Era Industri 4.0. Kencana Media Prenada.
Ramadani, T. (2019). Pengelolaan Komunikasi Publik. Jurnal Good Governance, 15(1), 1–13.
Republika.co.id. (2021). kadinkes-pastikan-tidak-ada-kasus-corona-di-cilegon. Republika.Co.Id, 5cabc366.
Surahman, S. (2022). Communication Network in Narrow Land Agricultural Modernization. Proceedings of the First International Conference on Literature Innovation in Chinese Language, LIONG 2021. https://doi.org/10.4108/eai.19-10-2021.2316733
Susanto, E. H. (2010). Kelambanan Reformasi Birokrasi dan Pola Komunikasi Lembaga Pemerintah. JJurnal Komunikasi ASPIKOM, 1(1), 109–123.
Syafiie, I. K. (2011). Manajemen Pemerintahan. Pustaka Reka Cipta.
Tittiknol.co.id. (2021). peristiwa/kota-cilegon-2-kali-masuk-zona-merah-pemprov-tegur-kegiatan-cfd- agar-ditutup. Titiknol.Co.Id, 2. https://titiknol.co.id/peristiwa/kota-cilegon-2-kali-masuk-zona-merah-pemprov-tegur-kegiatan-cfd- agar-ditutup/
Tubb, S. L, dan Moss, S. (2006). Human Communication. Remaja RosdaKarya.
Widiastuti, N. (2020). Transformasi Humas di Era Digital. Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.
Zonabanten.pikiran-rakyat.com. (2021). kena-dampak-corona-karyawan- di-dua-perusahaan-di-kabupaten-Cilegon-dirumahkan. Zonabanten.Pikiran-Rakyat.Com, 23361780. https://zonabanten.pikiran-rakyat.com/banten/pr-23361780/
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in this journal agree to the following terms:
- Copyright remains with the author and gives rights to the Jurnal Ilmu Komunikasi as the priority to publish the article with an Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional License, which allows the article to be shared with acknowledgment of the author of the article and this journal as the place of publication.
- Authors can distribute the publication of their articles on a non-exclusive basis (for example: on university repositories or books) with notification or acknowledgment of publication in the journal Option
- Authors are allowed to post their work online (for example: on personal websites or in university repositories) before and after the submission process (see The Effect of Open Access)
Jurnal Ilmu Komunikasi is licensed under a Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional License.