Model Bisnis Penyiaran Televisi Digital di Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.31315/jik.v8i2.74Keywords:
TV Digital, Konvergensi, Model Bisnis, Regulasi penyiaran, Sosio-technical approach.Abstract
Migrasi penyiaran televisi analog ke teknologi penyiaran televisi digital membawa perubahan yang radikal dalam industri penyiaran. Konvergensi media dalam penyiaran televisi digital menjadi semakin tajam dan intensif. Konvergensi media ini mengakibatkan berkembangnya model bisnis yang sama sekali baru. Model bisnis penyiaran televisi digital yang baru perlu diantisipasi sejak dini dengan studi yang mendalam mengenai banyak hal yang terkait dengan industri penyiaran. Implikasi sosial, ekonomi, politik bahkan budaya sangat besar dalam model bisnis yang baru ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan sosio-technical dalam mencermati perkembangan baru ini. Pendekatansosio-technical melihat interrelasi antara ketiga subsistem sekaligus yaitu subsistem teknologi (berupa infrastruktur, pelayanan, aplikasi) subsistem sosial (pasar, pelanggan dan industri) dan susbsistem lingkungan yang berupa regulasi, kebijakan dan masyarakat. Dalam memperoleh data penelitian ini menggunakan teknik:konsultasi, focus group discusion, kuesioner dan studi kebijakan. Hasil penelitian ini menemukan bahwa model bisnis hrs mempertimbangkan daya dukung ekonomi masyarakat lokal yang pada gilirannya akan berpengaruh pada iklan sebagai sumber daya hidup stasiun televisi. Sementara itu untuk TVRI, dibutuhkan model bisnis tersendiri yang mampu mengembangkan TVRI sebagai stasiun televisi yang mampu memberi jawaban bagi kebutuhan penonton akan televisi. TVRI juga dapat sebagai Multiplekser dengan catatan, TVRI juga harus bersedia menampung televisi komunitas yang berjangkauan terbatas.
References
Braet, Olivier, Ballon, Pieter, 2008, Cooperation
Models for Mobile Television in Europe, Telematics and Informatics 25 (2008), 216-236.
Dong H Shin, 2006, Socio-Technical Challenges in The Development of Digital Multimedia Broadcasting : A Survey of Korean Mobile Television Development, Technological Forecasting and Sosial Change, 73 (2006), 1144-1160.
Drury, Godon, Markarian, Garik, Pickavance, Keith, 2001, Coding and Modulation for Digital Television, Kluwer Academic Publishers, Norwell Massachusetts.
G.C. Feng, Charles , T.Y. Lau , David J. Atkin ,*, Carolyn A. Lin, Exploring the evolution of digital television in China: An inter- play between economic and political interests, Telematics and Informatics, 2008.
Haliman, Supardi, Regulasi Sistem Penyiaran di Indonesia: Studi Kasus Pengelolaan Spektrum Frekuensi Radio FM di Kepulauan Riau, 2007, Pararaton, Yogyakarta
Strabhaar, LaRose, 2000, Media Now, Communication Media in Information Age, Wadsworth, Belmont USA.
Sudibyo, Agus, Ekonomi Politik Media Penyiaran, LkiS, 2004, Jakarta.
Tadayoni, Reza, Skuby, Knud, Erik, 1999, Terrestrial Digital Broadcasting : Convergence and Its Regulatory Implications, Telecommunications Policy 23 (1999) : 175-199.
T.Marsden.,Christopher., G, Verhulst, Stefan, Convergence in European Digital TV Regulation, Balckstone Press Limited, 2000.
Weber, Joseph, Newberry, Tom, 2007, IPTV Crash Course, McGraw Hill, New York
Usulan Working Group Masterplan Frekuensi, 2008
Green Paper, Penyiaran, Masyarakat Telekominkasi Indonesia, 2008.
Bulletin AGB Nielson, Maret 2009).
Studi ROA dan ROE dua Stasiun Televisi di Yogyakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in this journal agree to the following terms:
- Copyright remains with the author and gives rights to the Jurnal Ilmu Komunikasi as the priority to publish the article with an Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional License, which allows the article to be shared with acknowledgment of the author of the article and this journal as the place of publication.
- Authors can distribute the publication of their articles on a non-exclusive basis (for example: on university repositories or books) with notification or acknowledgment of publication in the journal Option
- Authors are allowed to post their work online (for example: on personal websites or in university repositories) before and after the submission process (see The Effect of Open Access)
Jurnal Ilmu Komunikasi is licensed under a Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional License.