Faktor Parasocial Interaction dalam Mempengaruhi Pemaknaan Iklan Televisi Komersial sebagai Sebuah Realitas

Authors

  • Yuliana Riana P Dosen STIKOM The London School of Public Relations-Jakarta
  • Rino FB Dosen STIKOM The London School of Public Relations-Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31315/jik.v8i2.76

Keywords:

konstruksi realitas, iklan, media televisi.

Abstract

Penelitian ini fokus pada pemaknaan iklan komersial di televisi. Iklan komersial di televisi menarik bagi penonton karena visualisasinya yang utuh. Gambaran realitas di dalam iklan televisi berbeda dengan realitas sesungguhnya. Buat sebagian orang, tayangan iklan di televisi menjadi gambaran realitas yang sesungguhnya sehingga tertarik membeli produknya. Oleh karena itu, penentuan faktor-faktor yang membuat iklan dapat dianggap sebagai realitas dan kemudian mempengaruhi persepsi penonton tentang realitas menjadi penting. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dalam paradigma klasik. Analisis data menggunakan confirmatory faktor analysis (CFA) dan path analysis (PA) dengan Structural Equation Modeling (SEM). Kesimpulannya adalah personal involvement inventory, source credibility, parasocial interaction, and perceived homophly measure mempengaruhi pemaknaan iklan di televisi sebagai realitas dan faktor yang dominan dalam mempengaruhi pemaknaan mahasiswa tentang iklan komersial sebagai realitas adalah parasocial interaction scale.

References

Allan, Kenneth, 2006, Contemporary Social and Sociological Theory: Visualizing Social Worlds, Pine Forge Press, United Kingdom.

Borchers, Timothy A, 2005, Persuasion In The Media Age, Second edition, McGrawHill, United States.

Eastman, Susan Tyler (editor), 2000, Research in Media Promotion, Lawrence Erlbaum, United States.

Ghozali, Imam, 2005, Structural Equation Modeling:Teori, Konsep, Aplikasi Dengan Program LISREL 9.54, BP Undip, Semarang.

Gunter, Barrie. Et al., 2005, Advertising to Children On TV: Content, Impact, and Regulatio, Lawrence Erlbaum, United States.

Kartajaya, Hermawan et.al., 2005, 4-G Marketing: A 90 Year Journey Of Creating Everlasting Brand,. Markplus & Co., Jakarta.

Kasiyan, 2008, Manipulasi dan Dehumanisasi Perempuan dalam Iklan, Penerbit Ombak,Yogyakarta.

Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia, 2004, Cakap Kecap, Galang Printika, Yogyakarta.

Piliang, Yasraf Amir, 2003, Hipersemiotika: Tafsir Cultural Studies Atas Matinya Makna, Penerbit Jalasutra,Yogyakarta.

Rubin, Rebecca B., Philip Palmgreen & Howard E. Sypher, (editor) 2004, Communication Research Measures : A Source Book. Lawrence Erlbaum,United States.

Syahreza, Andre, 2007, The Innocent Rebel: Sisi Aneh Orang Jakarta, Gagas Media, Ciganjur.

Turnock, Rob, 2007, Television and Consumer Culture: Britain and The Transformation of Modernity. TJ International Ltd., United Kingdom.

Vestergaard, Torben, Kim Schroder, 1989, The Language Of Advertising, Basil Blackwell ltd., United Kingdom.

Jurnal

Chattopadhay, Tuhin, 2010, “The Information Processing of Advertisements by Urban Young Men of India”. Journal of Global Business Review II (3), Diakses melalui http://www.sagepublications.com. Pages 449-462.

Kawashima, Nobuko, 2006, “Advertising Agencies, Media And Consumer Market: The

Changing Quality Of TV Advertising In Japan”,Journal Media Culture & Society. Diakses melalui http://www. sagepublications.com. Pages 393-410.

Niederppe, Jeff, Erika Franklin Fowler, Knneth Goldstein, James Pribble, 2010, “Does Local television news coverage cultivate fantastic beliefs about cancer prevention?” Journal of Communication Vol.60 Number 2. Pages 230-253.

Priya, Pankaj, Rajat Kanti Baisya dan Seema Sharma, 2010, “Television Advertisements and Children’s Buying Behavior”, Journal of Marketing Intelligence and Planning Vol.28 No.2. Diakses melalui http://www. sagepublications.com. Pages 151-169.

Zhang, Jie, Ali A. Ghorbani, 2004, “Familiarity and Trust: Measuring Familiarity with a Web Site”, Citeseerx Digital Library. (diakes melalui http://citeseerx.ist. psu.edu/about/site), Pages 23-28.

Published

2014-02-07

Issue

Section

Artikel