ANALISA POSTUR KERJA DENGAN METODE RAPID UPPER LIMB ASSESSMENT (RULA) PADA OPARATOR MESIN EXTRUDER DI STASIUN KERJA EXTRUDING PADA PT XYZ

Irfan Syah Aji Wijaya, Ahmad Muhsin

Abstract


PADA PT XYZ merupakan produsen makanan ringan terkemuka yang ada di Indonesia. Divisi snack Garing adalah salah satu divisi produksi yang ada di PADA PT XYZ memiliki masalah pada bagian Extrude , dimana operator mesin yang tidak bisa memasukan adoan secara teratur kedalam mesin yang membuat hasil pilus menjadi jelek, tidak bulat sempurna dan cenderung gampang menggumpal saat digoreng. Salah satu faktor yang menyebabkan hal tersebut adalah postur operator yang berpengaruh terhadap kenyamanan dan mudah lelahnya operator

Metode dalam analisis posteur kerja yang digunakan adalah Rapid Upper Limb Assessment (RULA) untuk mengetahui tingkat bahaya pada postur kerja operator serta membandingkan posisi operator saat mengambil dan memasukan adonan kedalam mesin Extruder baik itu dalam posisi duduk dan dalam posisi berdiri. Metode RULA menganalisis postur, gaya, dan gerakan suatu aktifitas yang dapat menyelidiki tingkat resiko yang dihasilkan oleh aktifitas tersebut.
Hasil dari analisis posturkerja menggunakan metode Rapid Upper Limb Assessment (RULA) diketahui bahwa posisi duduk operator yaitu posisi 1A, dan 1B serta posisi berdiri operator yaitu posisi 2A dab 2B pada saat mengambil dan memasukan adonan kedalam mesin Extruder, semuanya memiliki nilai final 7 dan action level 4 yang menunjukan menunjukkan bahwa penyelidikan dan perubahan dibutuhkan sesegera mungkin.

Berdasarkan analisis metode RULA dapat disimpulkan bahwa penyebab mudah pegal dan lelahnya operator yang mengoprasikan mesin Extruder adalah karena postur kerja yang kurang ergonomis sehingga menurunkan tingkat keteraturan operator dalam memasukan adonan kemesin yang dapat menurunkan kualitas produksi.


Keywords


Rapid Upper Limb Assessment (RULA), Postur Kerja, Ergonomis

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Afriansyah, A. 2015. Analisis Postur Tubuh Mitra Kerja PT. Sankyu Indonesia Internasional Pada Area PVC Ware House Menggunakan Metode Rapid Limb Assessment di PT. Asahimas Chemical Cilegon Banten. Laporan Tugas Akhir. Surakarta : Program Diploma 3 Hiperkes dan Keselamtan Kerja Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Anjasmoro, T. 2017. Implementasi Program Keselamatan dan Kesehatan Kerja dalam Upaya Mempertahankan Zero Accident di PADA PT Dua Kelinci. Lapotran Kereja Praktik Universitas Katolik Soegijarpranata.

Masitoh, D. (2016). Analisis Postur Tubuh dengan Metode Rula Pada Pekerja Welding di Area Sub Assy PT. Fuji Technica Indonesia Karawang. Tugas Akhir Universitas Sebelas Maret.

Meliana, D. P. (2009). Aanlisis Postur Kerja dengan Metode RULA pada Bagian Pelayanan Perpustekaan USU Medan. Tugas Akhir Universitas Sumatra Utara.

McAtamney, L. and Corlett, E. N., 2004. RULA: A Survey Based Method for The Investigation of Work Related Upper Limb Disorders. Applied Ergonomics. 24 (2), 91-92.

Rafian M.A., dan Ahmad Muhsin, 2017, Analisis Beban Kerja Mekanik pada Departemen Plant dengan Metode Work Sampling, Jurnal OPSI, Vol 10, No.1, Juni 2017, available at http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/opsi/article/view/2165

Rinawati, S., & Romadona. (2016). Analisis Risiko Postur Kerja pada Pekerja di Bagian Pemilahan dan Penimbangan Linen Kotor RS. X. Journal of Industrial Hygiene and Occupational Health , 39-51.

Primadi, D. P., Dyah Rachmawati L, Ahmad Muhsin, 2016, Usulan perbaikan tingkat pencahayaan pada ruang produksi guna peningkatan output produk pekerja dengan pendekatan tekcnik tata cara kerja, Jurnal OPSI, Vol. 9, No.1, Juni 2016, available at http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/opsi/article/view/2192


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Sekretariat :
Jurusan Teknik Industri
FTI UPN "Veteran" Yogyakarta
d.a Jalan Babarsari 2 Tambakbayan Yogyakarta 55281
Telp. (0274) 485689
Website http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/opsi
email : jurnal.opsi@upnyk.ac.id