Aktivitas Media Relations PT Angkasa Pura I dalam Mendukung Penyelenggaraan Presidensi G20 di Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.31315/jik.v22i2.8964Keywords:
media relations, presidensi G20, PT Angkasa Pura I, public relations, publikasiAbstract
PT Angkasa Pura I merupakan perusahaan BUMN yang terkategori mengimplementasikan aktivitas media relations dengan kinerja baik. Hal ini dibuktikan dari prestasi yang diraih sepanjang tahun 2022. Meski demikian, masih ditemukan publisitas bernada negatif terkait aktivitas media relations AP I dalam mendukung G20 di Indonesia yang akhirnya memunculkan sentimen negatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas media relations AP I dalam mendukung Presidensi G20. Penelitian didukung dengan teori media relations dari Iriantara yang menyebutkan terdapat tiga tahapan media relations, yakni perencanaan, implementasi, dan evaluasi. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi media online, studi pustaka dan dokumen, serta wawancara dengan Hidya Putri selaku informan kunci AP I, Iman S. Nurdin selaku informan ahli, I Gede Putu Astana dan M. Rayhan Hernadi selaku informan pendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa AP I melakukan dua kegiatan media relations, yaitu mendistribusikan press release dan mengadakan media gathering. Untuk meningkatkan publisitas, AP I turut menggandeng Forum Wartawan BUMN. Dalam mengimplementasikan kegiatan ini, AP I melewati tiga tahapan, mulai dari tahap perencanaan, implementasi, dan evaluasi. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang dijalankan sudah sesuai dengan strategi komunikasi yang dirancang pada tahap perencanaan, meskipun press release yang didistribusikan tergolong rendah. Substansi penelitian ini memberikan kontribusi rekomendasi berupa perlunya pemanfaatan berbagai bentuk kegiatan media relations secara lebih maksimal untuk menghasilkan frekuensi berita yang lebih variatif.
References
Audina, S., & Aruman, A. E. (2018). Strategi Media Relations Dalam Program Csr Geopark Ciletuh: Studi Pt Bio Farma. Jurnal Riset Komunikasi, 1(2), 242–253. https://doi.org/10.24329/jurkom.v1i2.36
Chotijah, S. (2021). Relasi Media Mandalika Sebagai Destinasi Superprioritas Dalam Pemberitaan Kesiapan Pelaksanaan Event MotoGP 2021. JCommsci - Journal Of Media and Communication Science, 4(1), 14–22. https://doi.org/10.29303/jcommsci.v4i1.126
Claudia, B. Y., Marta, R. F., & Cahyanto, I. (2020). City Branding of Nusa Tenggara Timur through the Video Narration Exotism of Sabu Island. Jurnal Ilmu Komunikasi, 18(2), 169. https://doi.org/10.31315/jik.v18i2.3518
Coombs, W. T., & Holladay, S. J. (2018). Innovation in public relations theory and practice: A Transmedia narrative transportation (TNT) approach. Journal of Communication Management, 22(1).
Habibah, A. F., & Irwansyah. (2021). Era Masyarakat Informasi sebagai Dampak Media Baru. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(2), 350–363. https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i2.255
Hapsari, D. A., & Drajat, S. (2018). Safari Media Sebagai Strategi Media Relations PT. Angkasa Pura II (Persero) ( Studi Kasus Mengenai Bandara Husein Sastranegara Bandung dalam Mengelola Safari Media as a Media Relations Strategy for PT . Angkasa Pura II (Persero) Case Study Regardin. Prosiding Hubungan Masyarakat, 4, 171–178.
Hidayat, D., Gustini, L. K., & Dias, M. P. (2020). Digital Media Relations Pendekatan Public Relations dalam Menyosialisasikan Social Distancing di Kota Bandung. Jurnal Ilmu Komunikasi, 18(3), 257. https://doi.org/10.31315/jik.v18i3.3575
indonesiabaik.id. (2022). Berapa Jumlah Delegasi yang Akan Hadir pada G20 Indonesia? Https://Indonesiabaik.Id/Infografis/Berapa-Jumlah-Delegasi-Yang-Akan-Hadir-Pada-G20-Indonesia.
Iriantara, Y. (2019). Media Relations: Konsep, Pendekatan, dan Praktik. Simbiosa Rekatama Media.
Kleis Nielsen, R., & Ganter, S. A. (2018). Dealing with digital intermediaries: A case study of the relations between publishers and platforms. New Media & Society, 20(4), 1600–1617. https://doi.org/10.1177/1461444817701318
KOMINFO. (2022, November 3). KTT G20 Berkontribusi pada PDB Indonesia. Https://Www.Kominfo.Go.Id/Content/Detail/45397/Ktt-G20-Berkontribusi-Pada-Pdb-Indonesia/0/Artikel_gpr.
Kumar, N., Nagalla, R., Marwah, T., & Singh, M. (2018). Sentiment dynamics in social media news channels. Online Social Networks and Media, 8, 42–54. https://doi.org/10.1016/j.osnem.2018.10.004
Lee, L. W. Y., Yip, L. S. C., Chan2, K., & Barnes, B. R. (2022). Managing Media Relationships among Asian Organizations: A Grounded Theory Approach. Asian Journal of Business Research, 12(2).
Masduki, M., & Prastya, N. M. (2022). Perubahan Pola Kerja Jurnalistik Pasca COVID-19 dan Penurunan Kualitas Berita di Indonesia. Jurnal Ilmu Komunikasi, 19(3), 266. https://doi.org/10.31315/jik.v19i3.5058
McHale, J. P. (2019). Mass Media, Social Control, and Political Authority in a Post-Truth Environment. Political Authority, Social Control and Public Policy (Public Policy and Governance), 31, 259–273.
Nurdiansyah, A., & Kartika, R. (2020). Penerapan Media Relations dalam Mempertahankan Reputasi Kementerian Pertanian Republik Indonesia. Ekspresi Dan Persepsi : Jurnal Ilmu Komunikasi , 3(1), 48–57. https://doi.org/10.33822/jep.v3i1.1519
Nurjanah, A., Widyasari, W., & Yulianti, F. Y. (2015). Wartawan Dan Budaya Amplop (Budaya Amplop Pada Wartawan Pendidikan Dalam Kaitannya Dengan Media Relations). Informasi, 45(1), 15. https://doi.org/10.21831/informasi.v45i1.7766
Oktaviani, F. (2022). Aktivitas Public Relations Dalam Menerapkan Budaya Perusahaan. Expose: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(2), 156. https://doi.org/10.33021/exp.v4i2.3382
Pratiwi, R. Z. (2019). Strategi Media Relations Pdam Kota Surakarta Dalam Upaya Mempertahankan Citra Perusahaan. LENTERA, 3(1). https://doi.org/10.21093/lentera.v3i1.1638
Rachman, D. A., & Diniati, A. (2022). Strategi Kampanye Public Relations Indonesia Stock Exchange dalam Program Yuk Nabung Saham. Jurnal Ilmu Komunikasi, 20(2), 221. https://doi.org/10.31315/jik.v20i2.5529
Ruslan, R. (2020). Manajemen Public Relations Dan Media Komunikasi : Konsepsi Dan Aplikasi. Rajagrafindo Persada.
Satrivi, N., & Purnama, C. (2021). Pembentukan Opini Publik Indonesia Oleh Cable News Network (Cnn) Indonesia Berkenaan Dengan Isu Sampah Plastik. Padjadjaran Journal of International Relations, 3(2), 228. https://doi.org/10.24198/padjir.v3i2.33515
Susilawati, S., Arief, M., Priyadi, C., & Ridwan, W. (2022). Penguatan Peran dan Fungsi Public Relation Dalam Era New Digital. Jurnal Cyber PR, 2(1), 74–83. https://doi.org/10.32509/cyberpr.v2i1.2127
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in this journal agree to the following terms:
- Copyright remains with the author and gives rights to the Jurnal Ilmu Komunikasi as the priority to publish the article with an Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional License, which allows the article to be shared with acknowledgment of the author of the article and this journal as the place of publication.
- Authors can distribute the publication of their articles on a non-exclusive basis (for example: on university repositories or books) with notification or acknowledgment of publication in the journal Option
- Authors are allowed to post their work online (for example: on personal websites or in university repositories) before and after the submission process (see The Effect of Open Access)
Jurnal Ilmu Komunikasi is licensed under a Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional License.