Implementasi Communication Management Pada Pengelolaan Instagram Badan Karantina Indonesia
Keywords:
Instagram, Manajemen Sosial Media, Algoritma Instagram,Abstract
Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki banyak tempat pemasukan ilegal komoditas hewan, ikan, dan tumbuhan yang berisiko menjadi ancaman masuk dan tersebarnya hama, penyakit serta bioterorisme. Sehingga diperlukan tingkat kesadaran publik yang saat ini belum terbangun optimal. Salah satu upaya strategis peningkatan kesadaran publik adalah melalui media sosial seperti Instagram, yang merupakan platform dengan pengguna dan jangkauan besar di Indonesia. Riset ini bertujuan mengetahui implementasi communication management Kirk Hallahan dalam mengoptimalkan manajemen komunikasi pada Instagram Badan Karantina Indonesia (Barantin) guna peningkatan kesadaran publik. Metode penelitiannya adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang bertujuan untuk memahami lebih dalam tentang manajemen komunikasi pada Instagram Barantin. Data diperoleh dari wawancara langsung dengan beberapa pengelolaan media sosial barantin_ri, kemudian diolah dan diinterpretasikan dengan pendekatan konsep communication management. Analisis data wawasan Instagram juga dilakukan untuk mengukur efektifitas implementasi manajemen komunikasi pada platform tersebut berdasarkan pendekatan deskriptif kualitatif, mengikuti kerangka yang dikembangkan oleh Wolcott, yaitu melalui tahapan deskripsi, analisis, dan interpretasi data (Creswell & Poth, 2018). Hasil penelitian menunjukkan bahwa akun barantin_ri dikelola dengan konsep communication management Kirk Hallahan yang terdiri dari research, planning, execution/ control/ implementation dan evaluation. Meski memberikan hasil yang baik pada perkembangan akun, namun pengelolaannya masih dapat dioptimalisasi sesuai konsep Kirk Hallahan seperti memperkuat riset awal, riset karanteristik pengikut, membuat roadmap kehumasan serta agenda setting, didukung tim kreatif, serta evaluasi yang lebih mendalam.
References
Arifianti, N. & Adiarni, N. (2019). Pengelolaan Media Sosial Pada Usaha XYZ. E-journal of Agribusiness Journal, 13(2), 1-7. https://doi.org/10.15408/aj.v13i2.13945
Azizah, N., Carolina, P.S. & Alfaizi, M.R. (2020). Pengaruh Penentuan Strategi Komunikasi Pemasaran Terhadap Minat Beli Masyarakat Pada Produk Lokal. E-journal of Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna, 8(2), 87-98. Retrieved from https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/1912415
Chaffey, D. (2015). Digital Business and E-Commerce Management, Strategy, Implementation and Practice. United Kingdom : Pearson Education Limited.
Chandra, C.N. & Sari, W.P. (2021). Pengaruh Content Marketing terhadap Customer Engagement (Studi Pada Akun Instagram LazadaID). Jurnal Prologia, 5(1), 191-197.
Cooper, P. & Cohen, B. (2022). The Best Time to Post on Instagram in 2023 [Complete Guide]. March 3, 2023. retrieved from https://blog.hootsuite.com/best-time-to-post-on-instagram/#:~:text=At%20Hootsuite%2C%20we%27ve%20been,12%20PM%2C%20Monday%20to%20Thursday.
dpr.go.id. (2019). Undang-Undang No. 21 Tahun 2019 tentang Karantina Hewan, Ikan, Dan Tumbuhan. Retrieved from https://www.dpr.go.id/jdih/index/id/1756.
Creswell, J.W. (2014). Penelitian Kualitatif dan Desain Riset. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Farhatiningsih, L. (2018). Optimalisasi Penggunaan Instagram dalam Praktik Kehumasan Pemerintah. Jurnal Diakom, 1(1), 1-9.
Ferbita, L. V., Setianti, Y. & Dida, S. (2020). Strategi digital branding Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Melalui Media Sosial. Jurnal Ilmu Komunikasi Acta Diurna, 16(2), 113-136.
Flaviana, A.K. & Syahputra. (2021). Analisis Konten Post Instagram Terhadap Online Engagementt (Studi Kasus pada Lima Coffe Shop di Kota bandung Tahun 2020). Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen, 11(2), 112-136.
Hallahan, K. (2013). Sage Publication, Inc. Robert L. Heath (Second Edition), Encyclopedia of Public Relations (pp. 153-157). United States of America, Thousand Oaks: California.
Hitz, L. (2021). Instagram Impressions, Reach, and Other Metrics You Might be Confused About. February 25, 2023, retrieved from https://sproutsocial.com/insights/instagram-impressions/
JDIHBKPRI. (2008). Undang-undang (UU) No. 14 Tahun 2008. Retrieved from https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/39047/uu-no-14-tahun-2008
Kartikawati, E. (2014). Formulasi Strategi Komunikasi Karantina Pertanian Menggunakan Audit Komunikasi. Jurnal Masyarakat Telematika dan Informasi, 5(2), 127-152.
Karyaningsih, P.D. (2018). Ilmu Komunikasi. Yogyakarta : Samudra Biru.
Kemp, S. (2023). Digital 2023 : Indonesia. February 25, 2023. retrieved from https://datareportal.com/reports/digital-2023-indonesia
Magribi, H. (2021). Pengaruh Jumlah Reach Halaman Facebook BPS Kaltim Terhadap Jumlah Respon Sensus Penduduk Online 2020. Jurnal KINERJA, 18(2), 253-259. https://doi.org/10.30872/jkin.v18i2.8526
Mahmudah, S.M. & Rahayu, M. (2020). Pengelolaan Konten Media Sosial Korporat Pada Instagram Sebuah Pusat Perbelanjaan. Jurnal Komunikasi Nusantara, 2(1), 1-9. https://doi.org/10.33366/jkn.v2i1.39
Molano, E.C., Cid, M.S. & Molina, V.G. (2022). Brand Strategy and Content Management on Instagram : Scheduling and Message Length as Factors to Improve Engagement. Journal Communication & Society, 35(2), 71-87. DOI: 10.15581/003.35.2.71-87
Patros, A. & Azilfan, Y. (2016). Pengaruh Implementasi Aturan Karantina Terhadap Perdagangan Produk Pertanian antar Negara di Batam. Journal of Law and Policy Transformation, 1(1), 56-71.
Permasih, I., Abidin, Y. Z. & Ma'arif, A.Z. (2018). Pengelolaan Media Sosial Instagram Humas Pemerintah Provinsi Jawa Barat. E-Jurnal Ilmu Hubungan Masyarakat, 3(1), 25–46. https://jurnal.fdk.uinsgd.ac.id/index.php/reputation/article/download/584/98
Poernomo, W., Erwin, Suede, Y.K.M., Dewi, C., Chandra, A.A. & Irawan, L.J. (2022). The Effect of Reach, Amount Spent, and Frequency on The Number of Clicks on Advertisements Posted in Social Media Platorm of Instagram and Facebook. Jurnal Mirai Management, 7(3). DOI: 10.37531/mirai.v7i3.2492
Rahim, R. & Radjab, E. (2017). Manajemen Strategi. Makassar : Lembaga Perpustakaan dan Penerbitan Universitas Muhammadiyah Makassar.
Ren, W. & Fukushima, S. (2022). Perception and evaluation of requests on social media in Chinese and Japanese. Journal of Language & Communication, 87, 231-243. https://doi.org/10.1016/j.langcom.2022.09.002
Retnasary, M., Dewi Setiawati, S., Fitriawati, D., & Anggara, R. (2019). Pengelolaan Media Sosial Sebagai Strategi Digital Marketing Pariwisata. E-Jurnal Kajian Pariwisata, 1(1), 76-83. Retrieved from https://ejurnal.ars.ac.id/index.php/JIIP/article/view/130
Rohadian, S. & Amir, T. (1019). Upaya Membangun Customer Engagement Melalui Media Sosial Instagram. Journal of Entrepreneurship, Management, and Industry, 2(4), 179-187. http://dx.doi.org/10.36782/jemi.v2i4.1925
Rosniwati, R., Purnawati, A. & Bram, A.M. (2019). Tindak Pidana Pemalsuan Dokumen Sertifikat Kesehatan Tumbuhan di balai Karantina Pertanian Kelas II Palu. Jurnal Kolaboratif Sains, 2(1), 1918-1928. https://doi.org/10.56338/jks.v2i1.718
Saraswati, D.A. & Hastasari, C. (2020). Strategi Digital Content Marketing pada Akun Media Sosial Instagram Mojok.co dalam Mempertahankan Brand Engagement. Jurnal of Biokultur, 9(2), 114-128. http://dx.doi.org/10.20473/bk.v9i2.22980
Setia, F., Barkah, C.S., Herawaty, T. & Auliana, L. (2021). Usulan Strategi Optimalisasi Akun Media Sosial Dalam Upaya Meningkatkan Reach Melalui Instagram Advertising (Studi Kasus: Humingbad Clothing). Jurnal Sekretaris dan Administrasi Bisnis, 4(1), 24-34. https://doi.org/10.31104/jsab.v6i1.265
Setyowati, R., Fauzi, A., Pribadi, E.S. & Wijayanto, H. (2018). Perilaku Pengguna Jasa Karantina Pertanian dalam Mendukung Perlindungan Sumberdaya Alam Hayati. Journal of Natural Resources and Environmental Management, 9(3), 577-586. http://dx.doi.org/10.29244/jpsl.9.3.577-586
Sihombing, R., Mulyadi, M.R., Yeremia, N. & Mario. (2023). Pengaruh Konten Marketing Terhadap Customer Engagement pada Akun Instagram Cielyn Sleepwear. Journal of Social Science and Digital Marketing, 3(1), 49-56.
Siregar, H.D., Lubis, M.S. & Adam (2022). Implementasi Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2019 Tentang Karantina Hewan, Ikan Dan Tumbuhan Pada Balai Besar Karantina Pertanian Belawan. Jurnal PERSPEKTIF, 11(1), 195-204. DOI: 10.31289/perspektif.v11i1.5446
Suhartono, N.P. (2021). Social Media Strategy: The Use of Social Media in Stationery Business to Reach Gen Z. Journal of Visual Communication Design, 6(2), 49-59. DOI: 10.37715/vcd.v6i2.2704
Sumrak, J. (2022). The Instagram Algorithm in 2023 (It's Never Too Late to Grow). March 3, 2023, retrieved from https://foundr.com/articles/social-media/instagram-algorithm#:~:text=The%20most%20important%20update%20to,video%20format%20above%20all%20else.
Taufiqurokhman. (2008). Konsep dan Kajian Ilmu Perencanaan. Jakarta : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Prof. Dr. Moestopo Beragama.
Velasco-Molpeceres, A., Zarauza-Castro, J., Pérez-Curiel, C. & Mateos-González, S.. (2023). Slow Fashion as a Communication Strategy of Fashion Brands on Instagram. Journal of Sustainability Switzerland. 15(1), art. no. 423. https://doi.org/10.3390/su15010423
Vollenbroek, W., Vries, S.D., Constantinides, E. & Kommers, P. (2014). Identification of Influence in Social Media Communities. International Journal of Web Based Communities, 10(3), 280-297. DOI: 10.1504/IJWBC.2014.062943
Wahyuni, S., Wicaksono, A. & Suprayogi, A. (2022). Insidensi dan Risiko Penularan Avian Influenza pada Peternakan Ayam Petelur di Kabupaten Pinrang. Indonesia Journal of Agricultural Science, 27(3), 397-405. https://doi.org/10.18343/jipi.27.3.397
Wahyuni, S.N. & Damayanti, D. (2019). Digital Branding Menggunakan Instagram Follower. INFOS Journal, 1(4), 31-35.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish articles in this journal agree to the following terms:
- Copyright remains with the author and gives rights to the Jurnal Ilmu Komunikasi as the priority to publish the article with an Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional License, which allows the article to be shared with acknowledgment of the author of the article and this journal as the place of publication.
- Authors can distribute the publication of their articles on a non-exclusive basis (for example: on university repositories or books) with notification or acknowledgment of publication in the journal Option
- Authors are allowed to post their work online (for example: on personal websites or in university repositories) before and after the submission process (see The Effect of Open Access)
Jurnal Ilmu Komunikasi is licensed under a Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional License.