Perilaku Pembelian Milenial Ulasan Ulasan Shopee dan Pemasaran Viral

Rosnawiyah Rosnawiyah, Rifdah Abadiyah

Abstract


Penelitian ini menyelidiki pengaruh ulasan pelanggan online, peringkat, dan pemasaran viral terhadap keputusan pembelian di antara pelanggan milenial di pasar Shopee, dengan fokus pada produk fesyen. Menggunakan metode kuantitatif dengan data primer dari 150 responden di kabupaten Sidoarjo, SPSS Versi 27 digunakan untuk analisis. Hasil penelitian menunjukkan dampak yang signifikan dari ulasan pelanggan online, peringkat, dan pemasaran viral terhadap keputusan pembelian. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya faktor-faktor ini dalam membentuk perilaku konsumen milenial di pasar online, memberikan wawasan yang berharga bagi pemasar dan operator platform yang bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan dan kepuasan pelanggan.

Full Text:

PDF

References


Fajriyah and N. B. Karnowati, "Pengaruh Viral Marketing, Electronic Word of Mouth, dan Kepercayaan terhadap Keputusan Pembelian di Bangi Cafe Cilacap," in Proceeding 16th Univ. Res. Colloq. 2022 Mhs. (Student Pap. Present., 2023).

A. F. Rinaja, I. B. N. Udayana, and B. D. Maharani, "Pengaruh Online Customer Review, Word of Mouth, and Price Consciousness terhadap Minat Beli di Shopee Internet telah Berkembang Menjadi Suatu Gaya Hidup Bagi Masyarakat, Saja, Namun untuk Memenuhi Berbagai Macam Kebutuhan. Perubahan Gaya Hidup Online," Publik J. Manaj. Sumber Daya Manusia, Adminsitrasi dan Pelayanan Publik, vol. IX, pp. 435–448, 2022.

A. Farki, "Pengaruh Online Customer Review dan Rating terhadap Kepercayaan dan Minat Pembelian pada Online Marketplace di Indonesia," 2016.

A. I. Lohonusa and Y. Mandagie, "Analisis Pengaruh Brand Image, Brand Trust, dan Viral Marketing terhadap Keputusan Pembelian Produk Sepatu 'Converse' pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Manado," J. EMBA, vol. 9, no. 4, pp. 511–520, 2021.

A. Irawan, "Pengaruh Viral Marketing dan Endorser terhadap Keputusan Pembelian dengan Brand Awareness sebagai Variabel Intervening," vol. 8, no. 5, p. 55, 2019.

A. S. Aulia, "Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating, dan Online Vlogger Review terhadap Keputusan Pembelian pada Aplikasi Shopee di Masa Pandemi COVID-19," vol. 19, 2022.

E. S. P. Ningsih, "Pengaruh Rating dan Online Customer Review terhadap Keputusan Pembelian secara Online pada Marketplace Shopee," pp. 1–93, 2019.

F. Latief and N. Ayustira, "Pengaruh Online Costumer Review dan Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik di Sociolla," J. Mirai Manag., vol. 6, no. 1, pp. 139–154, 2020.

I. A. Aziz, "Pengaruh Customer Review, Customer Rating, Harga, dan Etika Bisnis Islam terhadap Minat Beli Produk Fashion pada Marketplace Shopee (Studi pada Mahasiswa Ekonomi Islam FIAI UII Angkatan 2017-2019)," 2022.

J. Tanuwijaya and R. Mulyandi, "Pengaruh Viral Marketing dan Turbo Marketing terhadap Keputusan Pembelian Skincare Somethinc," J. Sos. Sains, vol. 1, no. 5, pp. 368–373, 2021, DOI: 10.36418/sosains.v1i5.81.

J. H. Mustakini, "Metode Penelitian Bisnis. Edisi Ke-6. Yogyakarta. Universitas Gajah Mada," 2014.

P. Kotler, "Manajemen Pemasaran Jilid 1, Edisi Kesebelas," 2012.

L. Kadek, B. Martini, and E. Sembiring, "Customer Online Customer Rating dan Online Customer Review terhadap Keputusan Pembelian di Toko Modeliafashion pada Marketplace," vol. 4, no. 1, pp. 15–24, 2022.

M. A. Furqon, "Pengaruh Viral Marketing dan Turbo Marketing terhadap Keputusan Pembelian," J. Inspirasi Bisnis dan Manaj., vol. 4, no. 1, p. 79, 2020, DOI: 10.33603/jibm.v4i1.3311.

M. Putri, "Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian melalui Lazada di Kecamatan Rumbio Jaya," no. 11771201103, 2021.

N. Ristania and J. S. Justianto, "Analisa Pengaruh Harga, Promosi, dan Viral Marketing terhadap Keputusan Pembelian pada 'Online Shop' S-Nexian melalui Facebook," J. Bus. Strateg. Exec., vol. 5, no. 2, pp. 131–161, 2021. Available: https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results.

P. Kotler and G. Armstrong, "Kotler & Armstrong, Principles of Marketing | Pearson," 2018.

P. Arbaini, Z. Wahab, and M. Widiyanti, "Pengaruh Consumer Online Rating dan Review terhadap Keputusan Pembelian pada Pengguna Marketplace Tokopedia," J. Bisnis dan Manaj., vol. 7, no. 1, pp. 25–33, 2020.

P. Kotler, "Philip Kotler: Some of My Adventures in Marketing," J. Hist. Res. Mark., vol. 9, no. 2, pp. 203–208, 2017, DOI: 10.1108/jhrm-11-2016-0027.

R. S. Melati and R. Dwijayanti, "Pengaruh Harga dan Online Consumer Review terhadap Keputusan Pembelian Case Handphone pada Marketplace Shopee (Studi pada Mahasiswa Surabaya)," vol. 8, no. 2, 2020.

R. N. Laeli and R. E. Prabowo, "Analisis Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating dan Tagline 'Gratis Ongkir' terhadap Keputusan Pembelian melalui Marketplace Shopee," Seiko J. Manaj. Bus., vol. 5, no. C, pp. 306–314, 2022.

R. Ramadhana and M. F. N. G. Ratumbuysang, "Pengaruh Online Customer Review terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Influence," Semin. Nas. (Prospek I), no. Prospek I, pp. 157–166, 2022.

R. D. Amelia, Michael, and M. R . Mulyandi, "Analisis Online Consumer Review terhadap Keputusan Pembelian pada E-Commerce Kecantikan," J. Indones. Sos. Teknol., vol. 2, no. 2, pp. 274–280, 2021.

Sugiyono, "Sugiyono, Metode Penelitian," Penelitian, 2017.

S. Syofian, "Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi dengan Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17 ed. 1, cet. 2. Jakarta: PT Bumi Aksara," 2014.

S. Mahendra and P. Edastama, "Pengaruh Online Customer Review, Rating, dan Influencer terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Casual pada Marketplace," pp. 21–28, 2022.

S. Wiludjeng and T. S. Nurlela, "Pengaruh Viral Marketing terhadap Keputusan Pembelian pada PT 'X,'" Proceeding Semin. Nas. dan Call Pap. Sancall 2013, vol. 1, pp. 51–59, 2013.

W. D. Ovaliana and Mahfudz, "Pengaruh Online Customer Review dan Customer Rating terhadap Kepercayaan Konsumen dan Keputusan Pembelian Make Over pada Marketplace Shopee di Kota Semarang," vol. 11, pp. 1–12, 2022.

W. H. P. Sari, A. Efendi, F. Saptiani, I. A. Bisnis, and U. Lampung, "Pengaruh Promosi, Online Customer Review, dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Pengguna Marketplace Shopee di Indonesia)," J. Kompetitif Bisnis, vol. 1, no. 6, pp. 365–375, 2021.




DOI: https://doi.org/10.31315/jurnaladmbisnis.v22i1.12736

DOI (PDF): https://doi.org/10.31315/jurnaladmbisnis.v22i1.12736.g6365

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Jurnal Administrasi Bisnis (JABis)

Published: UPN Veteran Yogyakarta
Managed by: Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis
Address: Jl. Babarsari No 2 Tambakbayan, Caturtunggal, Depok, Kabupaten Sleman Yogyakarta 55281
E-mail: jabis@upnyk.ac.id
View My Stats
 
Creative Commons License
Jurnal Administrasi Bisnis (JABis) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. (CC - BY - SA 4.0).