Pengaruh Green Product Quality terhadap Green Customer Satisfaction dan Green Customer Loyalty (Studi Pada Konsumen Generasi Z Mcdonald’s)

Stella Kurnia Rosari Angrenggani, Humam Santosa Utomo

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk menguji dan menganalisis pengaruh Green Product Quality terhadap Green Customer Satisfaction dan Green Customer Loyalty. Penelitian ini adalah penelitian eksplanatori yang bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh Green Product Quality terhadap Green Customer Satisfaction dan Green Customer Loyalty.Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan McDonald's dari Generasi Z. Sampel penelitian terdiri dari 84 orang yang berasal dari organisasi yayasan gerakan dan/atau asosiasi lain yang bergerak dalam pelestarian dan kepedulian lingkungan di Indonesia. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple purposive sampling. Data primer diambil secara langsung dengan menggunakan kuesioner yang diisi oleh responden. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan menggunakan metode Structural Equation Modeling dengan Partial Least Square. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada kasus McDonald's Indonesia, Green Product Quality mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Green Customer Satisfaction dan Green Customer Loyalty. Green Customer Satisfaction mempunyai pengaruh signifikan terhadap Green Customer Loyalty.

Full Text:

PDF

References


Albushairi, S. A., Huda N., & Rifani A. (2018). Perilaku Konsumen: Teori dan Aplikasi Pada Riset. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Alika, R., (2021) Survei KIC: Konsumen Bersedia Bayar Mahal untuk Produk Berkelanjutan.https://katadata.co.id/yuliawati/ekonomi-hijau/ 612499e309ba9/survei-kic-konsumen-bersedia-bayar-mahal-untuk-produk-berkelanjutan diakses pada Maret 2023

Ariyanto, H. R., Silvia M., & Indarini. (2015). Green Product Quality, Green Corporate Image, Green Customer Satisfaction, dan Green Customer Loyalty The Body Shop di Surabaya. The 8th NCFB and Doctoral Colloquium.

Asgharian, R., Mojtaba, S., Zeinab, S., Roozbeh, H., & Maryam, N. (2012). Green Product Quality, Green Customer Satisfaction, and Green Customer Loyalty. International Journal of Research in Management & Technology. 2(5).

Chang, N. J., & Fong, C. M. (2010). Green Product Quality, Green Corrporate Image, Green Customer Satisfaction, And Green Customer Loyalty. Affrican Journal of Business Management. 4(13): 2836-2844.

Duryadi. (2021). Buku Ajar, Metode Penelitian Ilmiah: Metode Penelitian Empiris. Semarang: Yayasan Prima Agus Teknik.

Gelderman, C. J., Jos S., Wim L., & Simon V. (2021). Green Marketing As An Environmental Practice: The Impact On Green Satisfaction And Green Loyalty In A Business-To-Business Context. Business Strategy and The Environment by ERP Environment and John Wiley & Sons Ltd. 30: 2061–2076.

Isnanudin, Ariningsih, E. P., & Rahmawati, F. (2020). Pengaruh Green Product Quality, dan Green Corporate Image, Terhadap Green Customer Loyalty Dimediasi Green Customer Satisfaction (Studi pada Konsumen Lemari Es Panasonic Type Alowa Plus). Program Studi Manajemen Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Issock P. B. I., Mpinganjira, M., & Lombard, M. R. (2020). Modelling Green Customer Loyalty and Positive Word of Mouth Can Environmental Knowledge Make The Difference In An Emerging Market?. International Journal of Emerging Markets. 15 (3): 405-426

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. Pearson Education, Inc.

Manongko, A.A.C. (2018). Green marketing (Suatu perspektif marketing mix & theory of planned behavior). Manado: Yayasan Makaria Waya.

McDonald’s. https://mcdonalds.co.id/makin-kenal-makin-sayang/komitmen-dan-tanggungjawab diakses pada Maret 2023

Raditya, L., Hermanto, & M. Ilhamuddin. (2015). Pengaruh Green Product Quality dan Green Perceived Risk Terhadap Green Customer Satisfaction Serta Green Customer Loyalty Pada Konsumen Pertamax/ Pertamax Plus di Kota Mataram. Jurnal Magister Manajemen Universitas Mataram.

Razak, M. H. (2016). Perilaku Konsumen. Makassar: Alauddin University Press.

Solekah, N. A. (2019). The Effect of Green Banking Product and Green Corporate Image on Green Customers Loyality in Green Customers Satisfaction Syariah Banking Mediation. Management and Economics Journal. 3 (1): 81-94.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Tarabieh, S. (2018). Impact Of Green Product Quality And Green Corporate Image On Green Customer Loyalty: Mediating Role Of Green Customer Satisfaction. ISSN: 19788-6522.




DOI: https://doi.org/10.31315/jurnaladmbisnis.v22i2.12823

DOI (PDF): https://doi.org/10.31315/jurnaladmbisnis.v22i2.12823.g6436

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Bisnis (JABis) by jurnal.upnyk.ac.id/index.php/jiab


Lisensi Creative Commons

Disseminated Under Licence Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional  View My Stats