PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP PROFITABILITAS SERTA DAMPAKNYA BAGI NILAI PERUSAHAAN (Studi pada Perusahaan Tambang Sektor Energi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2022)

Tsabita Fitri Amanda, Asih Marini Wulandari, Ida Susi Dewanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap profitabilitas serta dampaknya bagi nilai perusahaan. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dari populasi 33 laporan tahunan perusahaan dan menghasilkan 7 laporan yang diakumulasi selama 6 tahun periode pengamatan. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial dengan software WarpPLS 8.0 untuk analisis SEM-PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengungkapan CSR berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas, namun tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan secara langsung. Profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan dan pengungkapan CSR berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan melalui profitabilitas. Saran bagi perusahaan adalah meningkatkan pengungkapan CSR karena berkontribusi dalam meningkatkan profitabilitas dan nilai perusahaan. Bagi investor, disarankan untuk mempertimbangkan indikator profitabilitas, nilai perusahaan, dan tanggung jawab perusahaan terhadap lingkungan dalam laporan keberlanjutan.

Full Text:

PDF

References


Aditia, A. (2021). Covid-19: Epidemiologi, Virologi, Penularan, Gejala Klinis, Diagnosa, Tatalaksana, Faktor Risiko dan Pencegahan. Jurnal Penelitian Perawat Profesional, 3(4), 653–660.

Alkhairani, Kamaliah, & Rokhmawati, A. (2020). Analisis Pengaruh Good Corporate Governance (GCG) dan Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ekonomi KIAT, 31(2), 10–25.

Anwar, Sumual, C. J. E., Muliati, & Lestari, R. O. (2021). Profitabilitas dan corporate social responsibility (CSR) terhadap nilai perusahaan. Akuntabel, 18(1), 82–90.

Arieza, U. (2021). Babak Belur Ekonomi Dihajar 1,5 Tahun Pandemi. cnnindonesia.com. https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20210811220610-532-679242/babak-belur-ekonomi-dihajar-15-tahun-pandemi

Astuti, T. N., Mursalim, M., & Kalsum, U. (2020). Intervening Profitabilitas : Corporatesocial Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan. AkMen Jurnal Ilmiah, 17, 607–618. https://e-jurnal.stienobel-indonesia.ac.id/index.php/akmen

Candra, A. G., & Cipta, W. (2022). Pengaruh Profitabilitas dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi Profesi, 13(1), 71–81.

Chen, J. (2022). Sektor Energi: Memahami Jenis Perusahaan Yang Terdiri darinya. investopedia.com. https://www.investopedia.com/terms/e/energy_sector.asp

ewi, A. A. A. T. W., & Wirawati, N. G. P. (2018). Pengaruh Profitabilitas pada Nilai Perusahaan dengan Corporate Social Responsibility Sebagai Variabel Intervening. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, 22(2), 1557–1583.

Habibi, A. (2022). Pencemaran Lingkungan Akibat Tambang Batu Bara di Desa Serongga Kabupaten Kotabaru. Pusat Publikasi FKIP ULM, 1(1), 1–9.

Hasibuan, V., Dzulkirom, M., & Wi, E. (2016). Pengaruh Leverage dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan Property dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2012-2015). Jurnal Administrasi Bisnis, 39(1), 139–147.

Herninta, T. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Manajemen Bisnis, 22(3), 325–336.

Jabir, M., Rusni, & Tafsir, M. (2022). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas dan Solvabilitas Terhadap Nilai Perusahaan pada Sektor Energi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Magister Research, 1(1).

Jannah, S. M., Sari, N., & Yuliana, I. (2022). Effect of Firm Size and Capital Structure on the value of the Company with Profitability as an Intervening Variable. American Journal of Humanities and Social Sciences Research (AJHSSR), 6(3), 128–138.

Khasanah, I. D., & Sucipto, A. (2020). Pengaruh corporate social responbility (csr) dan good corporate governance (gcg) terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel intervening. AKUNTABEL: Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 17(1), 14–28. http://repository.uin-malang.ac.id/5604/%0Ahttp://repository.uin-malang.ac.id/5604/1/6524-13553-1-PB.pdf

Kurniasari, J., & Anna, Y. D. (2019). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan sebagai Variabel Moderating. Jurnal Riset Akuntansi dan Perbankan, 13(2), 149–167.

Maulida, P., & Wulandari, P. P. (2016). Pengaruh Good Corporate Governance dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Intervening (Studi pada Perusahaan Sub Sektor Bank yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-201. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, Universitas Brawijaya, 6(2), 1–24.

Mawarni, C. M. (2021). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Profitabilitas dan Dampaknya Terhadap Nilai Perusahaan. Brainy, 2(1), 9–14.

Natsir, K., & Yusbardini. (2019). The Effect of Capital Structure and Firm Size on Firm Value Through Profitability as Intervening Variable. International Conference on Entrepreneurship and Business Management, 145, 218–224.

Pertiwi, D. A. N., Nurhayati, P., & Putri, I. W. H. (2023). Effect of Disclosure Corporate Social Responsibility and Company Size on Company Value With Profitability as a Moderating. Proceeding Medan International Conference Economics and Business, 1, 2159–2169.

Santoso, W.M. (2010). Identitas, politik tubuh perempuan dan media televisi. Jurnal Kependudukan Indonesia, 5(1), 75-90.

Puspitaningrum, H. Y., & Indriani, A. (2021). Pengaruh Tanggung Jawab Sosial Perusahaan dan Good Corporate Governance Terhadap Profitabilitas Perusahaan Dengan Ukuran Perusahaan dan Leverage Sebagai Variabel Kontrol (Pada Sektor Perusahaan Consumer Goods Industry yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesi. Diponegoro Journal of Accounting, 10(3), 1–15. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr

Puteri, A. W., & Laily, N. (2018). Analisis Kinerja Keuangan Pada CV Jasa Baja Kabupaten Sanggau (Studi Tahun 2017-2019). Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 7(1), 1–24.

Rima, A., & Carolina, Y. (2022). Influence of Corporate Social Responsibility Disclosure to the Profitability with a Company Size as Moderating Variable. International Journal of Business, Economics and Law, 26(1), 34–44. http://ijbel.com/wp-content/uploads/2022/02/IJBEL26.ISU1_214.pdf

Suryani, F. (2022). ANALISIS KINERJA KEUANGAN PADA CV JASA BAJA KABUPATEN SANGGAU (STUDI TAHUN 2017-2019). Jurnal Multidisiplin Indonesia, 1(2), 216–226. https://jmi.rivierapublishing.id/

Syahputra, E. (2022). Ini Peran Industri Batu Bara ke Ekonomi Nasional & Daerah. cnbcindonesia.com. https://www.cnbcindonesia.com/market/20221004113736-17-377028/ini-peran-industri-batu-bara-ke-ekonomi-nasional-daerah

Artikel Jurnal dengan DOI

Ariastini, N. N., & Semara, I. M. (2019). Implementasi Konsep Triple Bottom Line Dalam Program Corporate Social Responsibility di Hotel Alila Seminyak. Jurnal Ilmiah Hospitality Management, 9(2), 160–168. https://doi.org/https://doi.org/10.22334/jihm.v9i2

Berampu, A. C., & Agusta, I. (2015). Manfaat Partisipasi Masyarakat dalam Program Pengelolaan Sampah. Jurnal Penyuluhan, 11(2). https://doi.org/10.25015/penyuluhan.v11i2.10575

Cahya, K. D., & Riwoe, J. C. (2020). Pengaruh Roa Dan Roe Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Sustainability Reporting Sebagai Variabel Intervening Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Lq 45. Journal of Accounting and Business Studies, 3(1), 46–70. https://doi.org/10.61769/jabs.v3i1.304

Dewantari, N. L. S., Cipta, W., & Susila, G. P. A. J. (2019). Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Leverage serta Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Food and Beverages di BEI. Jurnal Prospek Manajemen dan Bisnis, 1(2), 74–83. https://doi.org/10.23887/pjmb.v1i2.23157

Meutia, I., Kartasari, S. F., & Yaacob, Z. (2022). Stakeholder or Legitimacy Theory? The Rationale behind a Company’s Materiality Analysis: Evidence from Indonesia. Sustainability (Switzerland), 14(13), 1–20. https://doi.org/10.3390/su14137763

Miladeny, N. N. M., & Damayanthi, I. G. E. A. (2021). Pengungkapan Corporate Social Responsibility dan Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderasi. E-Jurnal Akuntansi, 31(12), 3231–3243. https://doi.org/10.24843/eja.2021.v31.i1

Olateju, D. J., Olateju, O. A., Adeoye, S. V., & Ilyas, I. S. (2021). A critical review of the application of the legitimacy theory to corporate social responsibility. International Journal of Managerial Studies and Research, 9(3), 1–6. https://doi.org/10.20431/2349-0349.090300

Pratiwi, A., Nurulrahmatia, N., & Muniarty, P. (2020). Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar di BEI. Owner, 4(1), 95–103. https://doi.org/10.33395/owner.v4i1.201

Rijaluddin, R., Purwanto, B., & Ermawati, W. J. (2022). The Effect of Corporate Social Responsibility on Company Value in Financial Sector Companies on the Indonesia Stock Exchange. Jurnal Manajemen, 13(2), 180–192. https://doi.org/10.32832/jm-uika.v13i2.6061

Shenurti, E., Erawati, D., & Nur Kholifah, S. (2022). Analisis Return on Asset (ROA) , Return on Equity (ROE) dan Corporate Social Responsibility (CSR) yang mempengaruhi Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur. Jurnal Akuntansi dan Manajemen, 19(01), 01–10. https://doi.org/10.36406/jam.v19i01.539

Suryani, A., Sari, A. P., & Atikah. (2019). Disclosure of Social Responsibility, Profitability to Improve the Company Value. KnE Social Sciences, 1008–1016. https://doi.org/10.18502/kss.v3i26.5427

Website

Mahendra, R. (2015). ISO 26000 sebagai Standar Global dalam Pelaksanaan CSR. isoindonesiacenter.com. https://isoindonesiacenter.com/sekilas-tentang-iso-26000/

Umah, A. (2020). Sektor Tambang Babak Belur Dihantam Pandemi, Ini Buktinya. cnbcindonesia.com. https://www.cnbcindonesia.com/news/20201111080022-4-200907/sektor-tambang-babak-belur-dihantam-pandemi-ini-buktinya

Widjanarko, O. (2019). Prospek Ekonomi Indonesia 2020 Terjaga. bi.go.id. https://www.bi.go.id/id/publikasi/ruang-media/news-release/Pages/SP_218319.aspx




DOI: https://doi.org/10.31315/jurnaladmbisnis.v22i2.12824

DOI (PDF): https://doi.org/10.31315/jurnaladmbisnis.v22i2.12824.g6437

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Bisnis (JABis) by jurnal.upnyk.ac.id/index.php/jiab


Lisensi Creative Commons

Disseminated Under Licence Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional  View My Stats