Analisis Digital Marketing pada Saung Angklung Udjo Bandung

Firdha Annisa Zulfa, Muhammad Devris Alfian, Tiara Anjelina, Nurul Retno Hapsari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis peran digital marketing yang dilakukan oleh tempat wisata Saung Angklung Udjo melalui platform online seperti website dan media sosial terhadap minat kunjungan wisatawan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode analisis konten. Proses penelitian pada jurnal ini melalui analisis konten terhadap kegiatan digital marketing yang dilakukan oleh Saung Angklung Udjo melalui website resmi yang dimiliki Saung Angklung Udjo dan juga media-media sosial yang dimiliki Saung Angklung Udjo seperti Instagram, Facebook, TikTok, YouTube, dan Google Review. Dengan metode analisis konten, dapat disimpulkan bahwa Saung Angklung Udjo melalui digital marketing dapat membentuk branding nama serta mempertahankan reputasinya dalam bisnis, terutama melalui online. Terbukti, Saung Angklung Udjo bergerak di beberapa platform online yang sangat berperan dalam digital marketing Saung Angklung Udjo. Hal ini mencakup strategi konten yang menarik dan interaktif, promosi yang konsisten, serta respon yang cepat terhadap feedback pengunjung, yang semuanya berkontribusi pada peningkatan minat kunjungan wisatawan ke Saung Angklung Udjo.

Full Text:

PDF

References


Aljawiy, A. Y., & Muklason, A. (2011). Jejaring Sosial DanDampak Bagi Penggunanya,. Jurnal Ilmiah “Teknologi” .

Atmoko Dwi, B. (2012). Instagram Handbook Tips Fotografi Ponsel. Media Kita.

Bulele, Y. N., & Wibowo, T. (2020). ANALISIS FENOMENA SOSIAL MEDIA DAN KAUM MILENIAL: STUDI KASUS TIKTOK (Vol. 1). http://journal.uib.ac.id/index.php/cbssit

Bungin, B. (2011). Penelitian Kuantitatif. Kencana Predana Media Group.

Byrnes, W. J. (2014). Management and The Arts (5th ed.). Focal Press.

Darmayanti, P. W., I Made Darma Oka, & Fransiska Fila Hidayana. (2023). Peran Digital Marketing Dalam Pengembangan Desa Wisata Di Kabupaten Tabanan. Jurnal Kajian Dan Terapan Pariwisata, 3(2), 21–29. https://doi.org/10.53356/diparojs.v3i2.78

Fatiha Hatapayo, N., & Aryani Relubun, D. (n.d.). Peran Digital Marketing Terhadap Jumlah Wisatawan Pada Tebing Makariki Di Negeri Yaputih Kecamatan TEHORU. https://www.wartaekonomi.co.id/read348125/apa-itu

Fransiska, K. (2019). Pemasaran Saung Angklung Udjo Bandung Program Studi S-1 Tata Kelola Seni Jurusan Tata Kelola Seni.

Haq, F. U., & Rachmat, H. (n.d.). Tornare-Journal of Sustainable Tourism Research Penggunaan Google Review Sebagai Penilaian Kepuasan Pengunjung Dalam Pariwisata. https://www.researchgate.net/profile/Hardik

Hasiholan, dkk. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Tik Tok Sebagai Media Kampanye Gerakan Cuci Tangan Di Indonesia Untuk Pencegahan Corona Covid-19. Communiverse : Jurnal Ilmu Komunikasi, 5.

Jhonsen. (2004). Panduan Lengkap menjadi Web Designer untuk pemula. In Panduan Lengkap menjadi Web Designer untuk pemula. : PT. Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.

Kindarto, A. (2008). Asyik Berinternet dengan Beragam Layanan Google. Penerbit Andi.

Li, J., Xu, L., & Tang, L. (2018). Big Data in Tourism Research : a literature review. Tourism Management, 68, 301–323.

Mahendra, B., Communications, M., & Security, G. P. (2017). Eksistensi Sosial Remaja dalam Instgram. In Jurnal Visi Komunikasi (Vol. 16, Issue 01). www.frans.co.id

Miller, M. (2009). Sams Teach Yourself YouTube in 10 Minutes. United State of Amerika: SAMS.

Ningrum, U. (2017). Pengaruh Tautan Berita Pada Facebook Terhadap Minat Membaca Beritanya (Studi Pada Buruh Pabrik PT Gajah Tunggal Tbk Tangerang),. , Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Lampung,.

Poerwandari, & Kristi. (2005). Pendekatan Kualitatif untuk Penelitian Perilaku Manusia.

Rahma. (2023, February 4). Saung Angklung Udjo, Tempat Wisata Budaya dan Edukasi. Bandung.Go.Id.

Rosady, R. (2010). Manajemen Public Relatioins & Media Komunikasi. PT. RAJA GRAFINDO PERSADA.

Rosyadi. (2012). Angklung: Dari Angklung Tradisional Ke Angklung Modern Angklung: from Traditional to Modern. Maret, 4(1), 26–40.

Sanjaya, Ridwan, & Joshua Tarigan. (2009). Creative Digital Marketing . PT Elex. Media Komputindo.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Syafii Sulhan. (2009). Udjo Diplomasi Angklung. PT Grasindo.

Sysadmin. (n.d.). Pengertian, Sejarah, dan Fungsi Google sebagai Search Engine Terbesar . ID-Networkers.

Utarsih, H., Lestari fitrilestari, F., & Ekuitas Bandung, S. (2017). Meningkatkan Citra Kabupaten Garut Melalui Place Branding Serta Dampaknya Terhadap Keputusan Mengunjungi Destinasi Pariwisata. In Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen (Vol. 2, Issue 2).

Vermaat, M. E., Sebok, S. L., Freund, S. M., Campbell, J. T., & Frydenberg, M. (2018). Discovering Computer 2018 (Digital Technology, Data, and Device). . Cengage Learning.

Wahyuni, L. T. S., Lasmawan, I. W., & Suastika, I. N. (2023). Strategi Digital Marketing Tempat Pariwisata dan Budaya Desa Cempaga Melalui Platform Digital. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora, 6(3), 343–349. https://doi.org/10.23887/jppsh.v6i3.53530

Woog, A. (2009). Youtube. In A Great Idea. Norwood House Press.

Zuchdi, D. (1993). Seri Metodologi Penelitian, Panduan Penelitian Analisis Konten.

Zuchdi, D., Sudaryanto, & Wuradji. (1993). Panduan Penelitian Analisis Konten. Lembaga Pengkajian Masalah Pembauran.




DOI: https://doi.org/10.31315/jurnaladmbisnis.v22i2.12827

DOI (PDF): https://doi.org/10.31315/jurnaladmbisnis.v22i2.12827.g6440

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Jurnal Administrasi Bisnis (JABis)

Published: UPN Veteran Yogyakarta
Managed by: Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis
Address: Jl. Babarsari No 2 Tambakbayan, Caturtunggal, Depok, Kabupaten Sleman Yogyakarta 55281
E-mail: jabis@upnyk.ac.id
View My Stats
 
Creative Commons License
Jurnal Administrasi Bisnis (JABis) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. (CC - BY - SA 4.0).