Pengendalian Internal Persediaan dalam Mengurangi Waste Persediaan (Studi pada Alfamart Type 36 dan Type 45)

Muhammad Nabil Rafi, Yogi Sugiarto Maulana

Abstract


Toko ritel modern Alfamart di Kertahayu dan Langkaplancar memiliki tipe yang berbeda, namun keduanya memiliki masalah yang sama, yakni masalah pengendalian persediaan barang dagangan. Untuk itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana proses pengendalian internal persedian untuk mengatasi waste persediaan pada Alfamrt tipe 36 dan tipe 45. Metode yang digunakan yakni metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah Assistant Chief of Store (ACOS) dari masing-masing toko. Hasil penelitian ini mengungkapkan beberapa upaya yang dilakukan oleh kedua toko tersebut untuk mengurangi waste persediaan, yakni 1) pencegahan barang hilang melalui stock opname partial, stock opname grand, cek barang menggunakan PDA (personal data assistant), pengawasan area sales, dan pengawasan internal antar personil toko. 2) pencegahan barang expired, dan 3) pencegahan barang rusak melalui prosedur pemindahan barang yang ketat.

Full Text:

PDF

References


AP, R. A. A., & Perdana, Z. (2022). Minimasi Waste Dengan Lean Manufacturing Pada Produksi Tahu. Seminar Nasional UNIBA Surakarta 2022, 333–343.

Assauri, S. (2014). Manajemen Pemasaran Dasar, Konsep dan Strategi (Cetakan ke). In Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. PT. Raja Grafindo Persada.

Gaspersz, V. (2007). Lean Six Sigma. Gramedia Pustaka Utama.

Maulana, Y. S., Sundari, C., Abdurohim, Ekasari, S., Nurjanah, D. S., Sudirman, A., Anisah, H. U., Syah, S., Saputra, D. H., & Satria, E. (2021). Operations Management. Zahir Publishing.

Prayudhia, M. C. G. (2023). Aprindo prediksi pertumbuhan ritel nasional capai 4,2 persen. https://www.antaranews.com/berita/3824925/aprindo-prediksi-pertumbuhan-ritel-nasional-capai-42-persen

Steers, R. M. (2013). Efektivitas Organisasi. Erlangga.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.31315/jurnaladmbisnis.v22i2.12829

DOI (PDF): https://doi.org/10.31315/jurnaladmbisnis.v22i2.12829.g6442

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Administrasi Bisnis (JABis) by jurnal.upnyk.ac.id/index.php/jiab


Lisensi Creative Commons

Disseminated Under Licence Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional  View My Stats