Pemaknaan Siswa pada Materi Bias Jender di Sekolah

Tuti Widiastuti

Abstract


Tulisan ini disusun berdasarkan penelitian yang bermaksud ingin mengetahui bias jender dalam
dunia pendidikan, khususnya dalam proses belajar-mengajar. Hal ini ditunjukkan dengan gambaran
bahwa perempuan dimarjinalisasi dalam peran domestik, dan telah diposisikan sebagai sosok yang
lemah. Kerangka berpikir teoretis menggunakan studi budaya (cultural studies) khususnya mengenai
studi pemaknaan (reception). Metode penelitian yang digunakan adalah Triangulasi tipe the dominant-
less dominant design, di mana paradigma dominan menggunakan pendekatan interpretif dengan
dilengkapi data kuantitatif. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif, di mana data kuantitatif
diperoleh dari populasi riset yaitu para siswa di SDN Cipinang Besar 01 Pagi, Jakarta Timur. Teknik
sampling menggunakan stratified sampling, dibagi atas dua kelompok untuk setiap kelompok yaitu
36 responden, jadi total sampel adalah 72 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan
nilai kritis tabel t table untuk signifikansi 0,05 dan df = N – 1 = 35 adalah 1,691. Oleh karena nilai t hasil
investigasi adalah 0,03 maka null hypothesis gagal untuk ditolak. Dalam penelitian ini dijumpai pemaknaan
teks dominant reading di mana siswa menggunakan kode-kode yang diterima umum dan tidak terjadi
perbedaan penafsiran antara penulis dan pembaca. Hal ini jelas menunjukkan bahwa teks bahan ajar di
sekolah belum menyediakan tempat untuk mode of expression dalam mensejajarkan perempuan dengan
laki-laki.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Curran, James, David Morley, dan Valerie

Walkerdine, 1996, Cultural Studies and

Communications, Arnold, New York.

Dewi, Machya Astuti, 2009, Media Massa dan

Penyebaran Isu Perempuan, Jurnal Ilmu

Komunikasi, Jurusan Ilmu Komunikasi

Widiastuti, Pemaknaan Siswa pada Materi Bias Jender di Sekolah

FISIP UPN ‘Veteren’ Yogyakarta, Volume

, Nomor 3, September-Desember

, hal. 228-236.

Eriyanto, 2001, Analisis Wacana; Pengantar

Analisis Teks Media, LKis, Yogyakarta.

Galus, Ben S., 2011, Nilai Kejujuran dalam

Pendidikan, http://www.pendidikandiy.

go.id/, diakses 25 Agustus 2012.

Griffin, Em, 2012, A First Look at Communication

Theory, McGraw-Hill, New York.

Hidayat, Deddy Nur, 2003, Analisis Bivariat dan

Multivariat, Universitas Indonesia, Jakarta.

Kompas, 22 Februari 2001, Materi Bahan Ajar

Sekolah Dasar Bias Jender, Kompas, Jakarta.

Muthali’in, Achmad, 2001, Bias Jender dalam

Pendidikan, Universitas Muhamadiyah,

Surakarta.

Rahardjo, Turnomo, 2004, Mindfulness dalam

Komunikasi Antaretnis, Studi tentang

Komunikasi Antaretnis Cina dengan Etnis

Jawa Kasus Sudiroprajan Solo, Disertasi,

Universitas Indonesia, Depok.

Sarwono, Billy K., 2004, Pemaknaan Karir Politik

Presiden Perempuan dalam Masyarakat

Patriarki, Analisis Pemaknaan Ibu Rumah

Tangga Kelas Menengah di Jabotabek

tentang Megawati Soekarnoputri, Disertasi,

Universitas Indonesia, Depok.

_______, 2010, Pemaknaan Isu Pemanasan

Global dan Lingkungan di Media oleh

Kaum Perempuan Urban, Jurnal Ilmu

Komunikasi, Jurusan Ilmu Komunikasi

FISIP UPN ‘Veteren’ Yogyakarta, Volume

, Nomor 2, Mei-Agustus 2010, hal.

-190.

Sarwono, Sarlito Wirawan, 2002, Psikologi Remaja,

Edisi Revisi, Rajawali Press, Jakarta.

Sidik, M. Fajar, 2011, Pencitraan Perempuan di

Sinetron Cinta Fitri, Skripsi, Universitas

Al Azhar Indonesia, Jakarta.

Sunarto, 2010, Stereotipisasi Peran Jender Wanita

dalam Program Televisi Anak di Indonesia,

Jurnal Ilmu Komunikasi, Jurusan

Ilmu Komunikasi FISIP UPN ‘Veteren’

Yogyakarta, Volume 8, Nomor 3, September-

Desember 2010, hal. 233-245.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 Jurnal Ilmu Komunikasi terindeks di:

 

 

 


Copyright of Jurnal Ilmu Komunikasi ISSN 1693-3028 (print), ISSN 2407-8220 (online)

Alamat:

Kampus II UPN "Veteran" Yogyakarta, Jl. Babarsari 2, Tambakbayan, Yogyakarta 55281
Phone: (0274)485268

Fax: (0274)487147

Email: jik@upnyk.ac.id 

Web
Analytics View My Stats