Pengaruh Destination Attractiveness terhadap Destination Image dan Place Attachment serta Dampaknya pada Revisit Intention (Studi pada Wisatawan yang Telah Berkunjung ke Obelix Hills Yogyakarta)

Authors

  • Sasi Agustin Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta
  • Eny Endah Pujiastuti Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta
  • Ida Susi Dewanti Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31315/jurnaladmbisnis.v21i1.12712

Abstract

Revisit intention menjadi salah satu indikator keberhasilan pariwisata. Wisatawan yang puas cenderung memiliki niat untuk mengunjungi kembali destinasi yang sama di masa mendatang. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh destination attractiveness terhadap destination image dan place attachment serta dampaknya pada revisit intention. Lokasi penelitian adalah Obelix Hills Yogyakarta, dengan populasi wisatawan yang sudah pernah berkunjung. Penelitian ini bersifat explanatory dengan sampel wisatawan yang pernah berkunjung sebanyak 1 kali. Jumlah sampel adalah 167 responden diperoleh melalui rumus Machin dan Cambell. Teknik sampling yang digunakan adalah nonprobability sampling dan purposive sampling. Teknik analisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial menggunakan SEM AMOS dan uji Sobel. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) destination attractiveness berpengaruh signifikan terhadap destination image, (2) destination attractiveness berpengaruh signifikan terhadap place attachment, (3) destination image berpengaruh signifikan terhadap place attachment, (4) destination image berpengaruh signifikan terhadap revisit intention, (5) place attachment berpengaruh signifikan terhadap revisit intention, (6) destination attractiveness berpengaruh signifikan terhadap revisit intention, (7) destination attractiveness berpengaruh signifikan terhadap revisit intention melalui destination image, (8) destination attractiveness berpengaruh signifikan terhadap revisit intention melalui place attachment, (9) destination attractiveness berpengaruh signifikan terhadap place attachment melalui destination image, (10) destination image berpengaruh signifikan terhadap revisit intention melalui place attachment.

References

Burns, Peter M. Lester, Jo Anne. 2010. Tourism and Visual Culture. UK: CABI

Chien, M. C., 2016, An empirical study on the effect of attractiveness of ecotourism destination on experiential value and revisit intention, Applied Ecology and Environmental Research, 15(2), 43-53

Choo, H, Ahn, K, Petrick, J, F, 2016, An Integrated Model of Festival Revisit Intentions: Theory of Planned Behavior and Festival Quality and Satisfaction, International Journal of Contemporary Hospitality Management, 28(4), 818–838.

Hasan, Ali. 2015. Tourism Marketing. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service)

Mohamad, M, Nasir, M, N, M, Ab Ghani, N, I, and Afthanorhan, A, 2019, Parallel mediators of place attachment and tourist satisfaction in destination attractiveness, destination loyalty and service quality, International Journal of Innovation, Creativity and Change, 7(7), 228-256

Nursyamsiah, R. A., & Setiawan, R. P., 2023. Does place attachment act as a mediating variable that affects revisit intention toward a revitalized park?, Alexandria Engineering Journal, 64, 999-1013.

Radzi, Salleh Mohd. Sumarjan, Norzuwana. Chik, Chemah Tamby. Salehuddin, Mohd. Zahari, Mohd. Mohi, Zurinawati. Bakhtiar, Mohd Faeez Saiful. and Anuar, Faiz Izwan. 2015. Theory and Practice in Hospitality and Tourism Research. New York: CRC Press

Ramli, M, F, Rahman, M, A, & Ling, O, M, 2020, Do motivation and destination image affect tourist revisit intention to Kinabalu national park during COVID-19 pandemic recoveryphase, EuropeanJournal of Molecular & Clinical Medicine, 7(6), 1624-1635

Song, H, M, Kim, K, S, and Yim, B, H, 2017, The mediating effect of place attachment on the relationship between golf tourism destination image and revisit intention, Asia Pacific Journal of Tourism Research, 22(11), 1182- 1193

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabet

Sukaatmadja, I Putu Gde. Yasa, Ni Nyoman Kerti. Rahmayanti, Putu Laksmita Dewi. 2022. Niat Berkunjung Wisatawan ke Bali Berbasis Virtual Tour. Jawa Tengah: Penerbit Lakeisha

Suryaningsih, Ika Barokah. Sularso, R. Andi. Handriana, Tanti. 2020. Manajemen Pemasaran Pariwisata dan Indikator Pengukuran. Yogyakarta: Samudra Biru

Suwena, I. Ketut and Widyatmaja, I. Gusti Ngurah. 2017. Pengetahuan Dasar Ilmu Pariwisata. Denpasar: Pustaka Larasan.

Timotius, Kris H. 2017. Pengantar Metodologi Penelitian Pendekatan Manajemen Pengetahuan untuk Perkembangan Pengetahuan. Yogyakrta: Penerbit ANDI.

Utama, I Gusti Bagus Rai. 2017. Pemasaran Pariwisata. Yogyakarta: Andi

Wang, Chun, Zhu, Yang, Laksito, Grida Saktian, 2022, Factor Influencing Repaeat Tourism to Visit Singapore in New Normal base on Indonesia Traveler's, International Journal of Business, Economics, and Social Development, 3(2), 53-63.

Wisanawa, I Made Bayu. Prayogi, Putu Agus. Sutapa, I ketut. 2019. Manajemen Pemasaran Pariwisata Model Brand Loyalty Pengembangan Potensi Wisata di Kawasan Pedesanaan. Yogyakarta: Penerbit Deepublish

Yacob, Syhamardi, Johannes, J, & Qomariyah, N , 2019, Visiting Intention: a perspective of destination attractiveness and image in Indonesia Rural Tourism, Sriwijaya International Journal of Dynamic Economics and Business, 3(2), 122-133.

Sumber Internet:

https://obelixhills.com/ (diakses pada 22 Mei 2023)

https://www.instagram.com/p/CO7PgsxrW2Y/?utm_source=ig_web_copy_link&igshid=MzRlODBiNWFlZA== (diakses pada 22 Mei 2022)

https://trends.google.co.id/trends/explore?q=obelix%20hills&date=now%201-d&geo=ID&hl=id (diakses pada 23 Juli 2023)

Downloads

Published

2023-01-24

Issue

Section

Artikel