Dampak Faktor Produk terhadap Keputusan Pembelian pada Aplikasi E-commerce: Studi Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.31315/jurnaladmbisnis.v22i1.12734Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian pada aplikasi Shopee Food di kalangan mahasiswa jurusan Manajemen Pemasaran Universitas Muhammadiyah Sidoarjo tahun 2018. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan uji hipotesis, penelitian ini mensurvei 100 mahasiswa yang menggunakan metode tersebut. Aplikasi Shopee Food . Dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dan SPSS 22.0 diperoleh temuan bahwa kualitas produk, harga dan promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara spesifik kualitas produk, harga, dan promosi secara individu mempengaruhi keputusan pembelian, dan secara kolektif menunjukkan pengaruh yang signifikan. Temuan ini berkontribusi pada pemahaman perilaku konsumen dalam aplikasi e-commerce, memberikan wawasan bagi pemasar dan pembuat kebijakan.References
Kotler, Filipus & Gary Armstrong. 2008. Prinsip Pemasaran. Erlangga. Jakarta.
Asnawi, Nur dan Masyhuri. 2011. Metodologi Penelitian Manajemen Pemasaran. Malang : PERS UIN-MALIKI.
Sugiyono. (2011). Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabet.
Ghozali, Imam. 2011. Penerapan Analisis Multivariat dengan Program Regresi PLS Update IBM SPSS 21. Semarang: Tubuh Penerbit Universitas Diponegoro.
Agus, Hermawan. 2012. Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga
Kotler, P. & Keller, KL (2012), Manajemen Pemasaran Jilid I Edisi ke-12. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip., & Keller, Kevin L. (2013). Manajemen Pemasaran Jilid Dua, Jakarta: Erlangga.
Schiffman, lG dan Kanuk, Leslie L. 2013. Perilaku Konsumen. edisi ke-8. New Jersey: Dewan Prentice.
Kotler Philip, Armstrong Gary. 2013. Prinsip Pemasaran, Edisi ke-12. Penerbit Erlangga.
Ghozali, Imam. 2013. Penerapan Analisis Multivariat dengan Program Regresi PLS Update IBM SPSS 21. Semarang: Tubuh Penerbit Universitas Diponegoro.
Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller. (2016). Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 1. Jakarta : PT. Indeks.
Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller. (2016). Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 1 & 2. Jakarta : PT. Indeks.
Amilia dan Asmara. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Ponsel Merek Xiaomi Di Kota Langsa. Jurnal Manajemen dan Keuangan. Jilid 6 (1): 660-669.
Tjiptono, Fandy. (2017), Strategi Pemasaran, Edisi 4, Yogyakarta: andi.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabet
Ajeng Ayu Fatimah P. & Soedarmadi. 2020 “Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Produk Susu Natur Soya CV. Global Mandiri Sejahtera Kanca Purwodadi)”. Majalah Ilmiah Larutan (Vol. 18, TIDAK.