Formulasi Strategi Produksi Menggunakan BMC, SWOT dan BMC Revisi: Studi Kasus pada CV Moro Plastik

Authors

  • Faraz Febriansyah Putra Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta
  • Sauptika Kancana Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta
  • Ahmad Zaki Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta
  • Annisa Ayuramadani Rukmanti Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta
  • Muhammad Devris Alfian Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31315/jurnaladmbisnis.v23i1.13919

Abstract

Manufaktur sebuah proses perubahan dari bahan baku menjadi bahan setengah jadi ataupun bahan jadi. Manufaktur juga melibatkan bermacam-macam tahapan dari desain, perencanaan, produksi, hingga distribusi. Manufaktur dapat menghasilkan bermacam produk yang dapat diolah hingga dibutuhkan konsumen. Salah satu jenis produk manufaktur ialah olahan plastik yang dimana terdiri dari berbagai jenis barang plastik yang kecil hingga barang plastik yang besar. Pada Moro Plastik terdapat lebih dari 15 barang plastik yang sudah di pisahkan hingga nantinya menghasilkan berupa produk cacahan plastik. Dalam meningkatkan jumlah produksi pada Moro Plastik maka digunakan perumusan strategi berupa BMC. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan wawancara. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini ialah pada diagram SWOT.


Kata Kunci: Manufaktur, Olahan Plastik, BMC, SWOT

Author Biographies

Faraz Febriansyah Putra, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta

Ilmu Administrasi Bisnis

Sauptika Kancana, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta

Ilmu Administrasi Bisnis

Ahmad Zaki, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta

Ilmu Administrasi Bisnis

Annisa Ayuramadani Rukmanti, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta

Ilmu Administrasi Bisnis

Muhammad Devris Alfian, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta

Ilmu Administrasi Bisnis

References

Christian, H., & Francisca D Pranatasari. (2020). Aplikasi Literasi Keuangan Bagi Pelaku Bisnis. Deepublish.

Djuwendah, E., & Mujaddid, A. (2019). Pengembangan Strategi Bisnis Dodol Garut Menggunakan Kanvas Model Bisnis (Studi Kasus PD Katineung Kabupaten Garut). Jurnal Ilmu Pertanian Dan Peternakan, 1–11.

Fred R. David, & Forest R. David. (2015). Strategic Management: A Competitive Advantage Approach, Concepts and Cases, 15th ed (15th ed.). Pearson Education.

Jenna R. (2015). Plastic Waste Inputs From Land Into The Ocean.

Kotler. (1999). Principles of Marketing, Twelfth Edition.

Laporan Antara. (2018). Kajian Timbulan Sampah Harian Permukiman Kulon Progo.

Osterwalder, & Yves, P. (2020). Business Model Generationber.

Rangkuti, F. (2004). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Gramedia Pustaka Utama.

Riadi, M. (2020). Analisis SWOT (Pengertian, Tujuan, Aspek, Kuadran dan Matriks).

TIM PPM Manajemen. (2012). Business Model Canvas, Penerapan di Indonesia.

Downloads

Published

2025-01-31

Issue

Section

Artikel