Pengaruh Beauty Vlogger, Kualitas Produk, dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli

Yoke Listiara, Danang Yudhiantoro, Ignatius Agus Suryono

Abstract


Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Yogyakarta yang menjadi konsumen Viva Comestics. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner melalui Google Form. Sampel yang digunakan adalah 130 responden. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh Beauty Vlogger, kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian dengan niat beli sebagai variabel intervening pada konsumen Viva Cosmetics di Yogyakarta. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah purposive sampling, dimana pengambilan sampel populasi didasarkan pada kriteria tertentu yang ditentukan yaitu mahasiswa Yogyakarta berusia 15-25 tahun, konsumen Viva Cosmetics menonton konten Beauty Vlogger terkait Viva Cosmetics dan membeli produk Viva Cosmetics pada tahun 2020. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis kuantitatif dengan menggunakan analisis jalur dan uji sobel berbasis SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Beauty Vlogger, kualitas produk, citra merek, dan niat beli berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian mahasiswa Yogyakarta yang menjadi konsumen Viva Cosmetics. Beauty Vlogger, Kualitas Produk, dan Citra Merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian melalui niat beli mahasiswa Yogyakarta yang menjadi konsumen Viva Cosmetics.

Full Text:

PDF

References


Andriani, Meta dan Frisca Dwi Bunga. (2017). Faktor pembentuk brand loyalty : peran self concept connection, brand love, brand trust dan brand image (telaah pada merek h&m di kota dki jakarta). Jurnal Manajemen Dan Bisnis, Vol 2(2), 157.

Chen, Jui-Lung, dan Apritika Dermawan. (2020). The influence of Youtube Beauty Vloggers on Indonesian Consumers’ Purchase Intention of Local Cosmetic Products. International Journal of Business and Management, 5,Vol 15.

Firmansyah, M. A. (2018). Perilaku konsumen. Yogyakarta:Deepublish.

Hakim, Mustika,Ambar Lukitaningsih, dan Susanto. (2019). Pengaruh promosi, Harga, Kualitas Produk, Terhadap Minat Beli Sepeda Motor Honda di Kota Yogyakarta. Jurnal Ekobis Dewantara, Vol 2(3), 1–6.

Iwan, Eneng Ivi Hairo, dan Agus Yulianto. (2019). analisis kualitas produk terhadap minat beli dan dampaknya pada keputusan pembelian produk oriflame. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(3),Vol 1–6.

Kamilah, Ghina, dan Aniek Wahyuati. (2017). Pengaruh Labelisasi Halal Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen,Vol 6(2), 1–18.

Kotler, P., & Keller, lane kevin. (2016). Marketing Management. In pearson education, inc (15th ed.). pearson education.

Mariezka, Filza Intan., Hanny Hafar, dan Yustikasari. (2018). Pemaknaan Profesi Beauty Vlogger melalui Pengalaman Komunikasi. Journal of Communication,Vol 2(2), 95–111.

Masruroh, Reni., dan Tri Sudarwanto. (2020). Pengaruh Beauty Vlogger Review Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Kosmetik Maybelline Di Surabaya). Jurnal Pendidikan Tata Niaga,Vol 8(1), 716–722.

Ramadhani, Megananda Dwi, dan Ali Maskur. (2020). pengaruh citra merek, kepercayaan, kualitas layanan Website Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Online ( Studi Pada Mahasiswa Universitas Stikubank Semarang ). Proceeding Sendiu, 978–979.

Riyono, dan Gigih Erlik Budiharja. (2016). Pengaruh Kualitas, Harga, Promosi dan Brand Image Terhadap Kpeutusan Pembelian Produk Aqua di Kota Pati. Jurnal Stie Semarang,Vol 8(2), 92–121.

Saputra, Setiawan Tri, Hidayat Kadarisman, dan Sunarti. (2017). pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian dan dampaknya terhadap kepuasan konsumen pengguna Iphone. Jurnal Administrasi Bisnis, Vol 50(6), 85–95.

Sitorus,Christin Valentine, dan Agus Maolana Hidayat. (2019). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Minat Beli Iphone di Bandung Tahun 2019. E-Proceeding of Applied Science, Vol 5(2), 637–644.




DOI: https://doi.org/10.31315/jurnaladmbisnis.v21i2.12717

DOI (PDF): https://doi.org/10.31315/jurnaladmbisnis.v21i2.12717.g6358

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Jurnal Administrasi Bisnis (JABis)

Published: UPN Veteran Yogyakarta
Managed by: Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis
Address: Jl. Babarsari No 2 Tambakbayan, Caturtunggal, Depok, Kabupaten Sleman Yogyakarta 55281
E-mail: jabis@upnyk.ac.id
View My Stats
 
Creative Commons License
Jurnal Administrasi Bisnis (JABis) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. (CC - BY - SA 4.0).